Koperasi Jamu (KOJAI) Sukoharjo

Just another WordPress.com weblog

Jamu Tradisional, Uenak Tenan

“Uenak tenan,” kata Presiden SBY, menirukan pelawak Timbul yang membawakan iklan sebuah jamu di televisi. Kamis (12/4) siang, Istana Negara diramaikan beberapa penjual jamu gendongan. Mereka adalah bagian dari tamu undangan acara pembukaan Munas V Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional Indonesia. Munasnya sendiri berlangsung di Hotel Sahid, 12-13 April 2007. SBY bersama Ibu Ani dan sejumlah menteri serta Ketua Kadin dan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Jamu, ramai-ramai mencicipi jamu yang disuguhkan ibu-ibu penjual jamu gendongan.

Jamu dan obat-obatan tradisional menjadi bagian tak terpisahan dari masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun silam. Kemahiran meracik jamu diwariskan nenek moyang secara turun-temurun. “Ramuan-ramuan tersebut digunakan untuk menjaga kondisi badan agar tetap sehat, mencegah penyakit dan sebagian untuk mempercantik diri,” kata SBY.

Sayangnya, akhir-akhir ini berkembang berbagai jamu dan obat tradisional yang diproduksi secara bebas dan tidak bertanggungjawab. Beredarnya jamu dan obat-obatan yang tidak terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan bukan hanyaa merugikan, tapi juga membahayakan rakyat kita., “Disamping itu secara ekonomi, beredarnya obat-obatan itu justru akan merusak citra obat tradisional kita,” Presiden menambahkan.

Di Indonesia, jamu dan obat-obatan tradisional lebih banyak diproduksi oleh home industry. Hanya sebagian kecil diproduksi secara masal melalui industri. Karena itu, Presiden meminta ada kerjasama seluruh pihak yang terkait. agar jamu dan obat tradisional Indonesia dapat bersaing di pasar regional maupun global.

Dalam acara tersebut, Presiden SBY juga sempat menyalami pelawak Tukul Arwana yang datang sebagai tamu undangan. “Wuaa ini….” Kata SBY begitu melihat wajah Tukul yang khas itu. Puas, puaass… (osa/har)

Keterangan foto: Presiden SBY dan Ibu Ani serta Ketua Kadin mencicipi jamu gendongan usai membuka Munas V Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional Indonesia di Istana Negara, Kamis (12/4) sore. (foto: anung/presidensby.info)

November 26, 2009 - Posted by | Berita Jamu Indonesia | , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: