Koperasi Jamu (KOJAI) Sukoharjo

Just another WordPress.com weblog

Gub Jateng : Koperasi dan UMKM Mampu Gerakkan Ekonomi Masyarakat Pedesaan

Semarang, (BT).
Dalam rangka pemberdayaan Koperasi dan UMKM, Pemprov Jateng telah melakukan upaya-upaya penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat perdesaan dan perkotaan dalam basis sistem agrobisnis melalui KUD, koperasi tani, koperasi simpan pinjam dan usaha simpan pinjam. Dengan upaya tersebut diharapkan Koperasi dan UMKM mampu menggerakkan roda ekonomi rakyat, yang akhirnya akan memicu dan memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat. Demikian diungkapkan Gubernur Jawa Tengah H Bibit Waluyo, saat membuka Workshop Nasional Ekspose Hasil Pemberdayaan Koperasi dan UKM, di Hotel Gumaya Semarang, Selasa (29/9).

Workshop dihadiri Deputi Bidang Kelembagaan Koperasi dan UKM, Asisten Deputi Urusan Tata Laksana Koperasi Kementerian Negara Koperasi dan UKM RI, Anggota DPRD Prov Jateng dan Kabupaten/Kota, Para Bupati/Walikota se Jateng, Pimpinan SKPD Provinsi dan Kab/Kota se Jateng terkait, Pengurus Dekopinwil, Dekopinda dan Asosiasi Koperasi dan UKM, dan para sumber.

Bibit Waluyo minta kepada para pemangku kepentingan untuk aktif mendorong perkembangan Koperasi dan UMKM dengan memanfaatkan potensi lokal seperti pemberdayaan Bank Daerah, BPR, dan Bank-Bank lainnya dengan memberikan bantuan pijaman modal melalui kredit lunak, pelatihan dan lain-lain.

“Bantuan kucuran dana, untuk pengembangan koperasi dan modal usaha UMKM serta dukungan sarana dan prasarana penunjang lainnya, sangat diperlukan dari Pemerintah melalui Kementerian Negara Koperasi dan UKM RI,” tandasnya.

Dalam konteks ini, lanjut Gubernur, maka Pemerintah, Pemprov dan Pemkab/kota melalui Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM harus bisa melakukan maping potensi Koperasi dan UKM yang dapat dikembangkan secara akurat.

Ditambahkan, tanpa adanya dukungan dan fasilitasi dari Pemerintah dan apabila hanya mengandalkan modal dari koperasi, sulit bagi koperasi untuk bisa mengembangkan usahanya dalam memback-up modal kepada UKMK, pungkasnya. (*Spt).

Iklan

November 26, 2009 - Posted by | Berita Jamu Indonesia | , , , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: