Koperasi Jamu (KOJAI) Sukoharjo

Just another WordPress.com weblog

KMW Jateng Tandatangani Nota Kesepahaman Pengelolaan UMKM

Semarang, 1 Desember 2008

Dalam upaya pengelolaan bersama terkait usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Tengah, dilakukan kontrak penandatanganan kerjasama antarberbagai pihak pemangku kepentingan, di depan Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jawa Tengah, pada Selasa (16/9/2008).

Kesepakatan itu ditandatangani oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Tengah Ir. Soleh Edi sebagai pihak I, Team Leader Konsultan Manajemen Wilayah Jawa Tengah PNPM Mandiri Perkotaan Drs. Nurdiyanto sebagai pihak II, Ketua Asosiasi Koperasi Simpan Pinjam Indonesia Provinsi Jawa Tengah Sutoro sebagai pihak III, dan  Direktur Utama PT. BPD Jawa Tengah Hariyono sebagai pihak IV.

Tujuan kesepahaman ini adalah mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah, penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja. Nota kesepahaman yang akan berlaku untuk tiga tahun ke depan ini meliputi tiga ruang lingkup: pengembangan kapasitas, permodalan, serta pemasaran.

Soleh Edi memberikan apresiasi atas terwujudnya kontrak penandatanganan kerjasama ini. ”Sebagai langkah tindak lanjut, KADIN Jawa Tengah melakukan jambore keuangan mikro di Purwokerto selepas lebaran,” tambahnya.

Dengan adanya nota kesepakatan kontrak kerjasama ini diharapkan kelak akan lebih fokus dan terarah program pengembangan unit usaha kecil mikro dan menengah yang ada di Jawa Tengah/ ”Sebab jika ditilik kontribusi UMKM di Jawa Tengah menduduki peringkat tertinggi sebanyak 99%,” ungkap Kepala BI Jawa Tengah Zaini dalam talk show selepas acara penandatanganan.

Lebih jauh Zaini mengungkapkan, penyelamat negeri ini saat terjadi krisis (ekonomi-red) adalah UMKM. ”Namun, kondisi UMKM sekarang ini mengalami stagnasi, sehingga tidak berkembang. Bertahan iya, namun berkembang tidak,” tegasnya.

Menurutnya, kini penanganan UMKM masih parsial, belum simultan. Sedangkan basis UMKM ada di desa, sehingga perlu digagas adanya lembaga otoritas pengembangan UMKM dan desa. ”Lembaga ini dimaksudkan untuk melakukan upaya akselerasi pengembagan kesejahteraan sekaligus sebagai motor pengambil kebijakan UMKM,” tutur Zaini.

Bazaar Pasar Rakyat: Antisipasi Harga Sembako yang Tidak Merakyat

Pada kesempatan yang sama, sebagai upaya antisipasi Pemprov Jawa Tengah terhadap melonjaknya harga kebutuhan pokok menjelang perayaan Idul Fitri 1429 H, digelar bazaar Pasar Rakyat. “Ini sebagai upaya meringankan beban rakyat dalam rangka menyambut Idul Fitri yang akan datang,” imbuh Asisten Ekonomi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah Drs. Sriyadi MM saat membuka acara bazaar, mewakili Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo.

Guna mengantisipasi penyalahgunaan bazaar Pasar Rakyat terkait harga yang disubsidi Pemprov Jawa Tengah, Sriyadi menegaskan agar masyarakat berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. ”Jangan sampai memborong barang kebutuhan pokok, kemudian untuk dijual kembali (dengan harga yang lebih mahal,” katanya. Diimbau pula agar masyarakat saling membantu antarsesama tetangga.

Ketua Panitia Bazaar Pasar Rakyat Abdul Suhadi, dalam sambutannya menyampaikan, peserta bazaar diikuti oleh 58 stan yang terdiri dari Koperasi, Askosindo, pabrik makanan dan minuman, BUMN, BUMD, serta Dharma Wanita. Sekitar 34 stan berada di dalam gedung Gradhika Bhakti Praja, selebihnya ditempatkan di depan gedung Gradhika Bhakti Praja. Selain menyediakan kebutuhan pokok, sejumlah stan terlihat menjajakan aneka macam tanaman hias, pakaian batik, serta jajanan makanan kecil lainnya. (Sumber: Swara Mandiri – pi2n, KMW P2KP Provinsi Jateng, PNPM Mandiri Perkotaan; Firstavina)

November 19, 2009 - Posted by | Info Pemerintah, UKM | , , , , , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: