Koperasi Jamu (KOJAI) Sukoharjo

Just another WordPress.com weblog

Saatnya Dibangun Gudang Jamu

SUKOHARJO Senin, 24 Mei 2004

Koperasi Jamu Indonesia (Kojai) Sukoharjo mendesak Pemkab untuk membangun gudang jamu. Diharapkan bangunan tersebut bisa menampung bahan-bahan baku jamu tradisional yang ada di wilayah tersebut.

”Gudang tersebut nanti berfungsi sebagai pemasok bagi para produsen atau perusahaan jamu,” ujar Ketua Kojai Ny Murtedjo.

Dikatakannya, masih banyak produsen jamu di wilayah Surakarta yang terpaksa mencari bahan baku jamu dari luar daerah, karena terbatasnya persediaan di pasaran. Petani kesulitan menyimpan hasil bahan baku jamu, karena ketiadaan tempat yang memadai.

”Malah tak jarang harga bahan jamu merosot saat panen raya. Sebaliknya, produsen jamu kesulitan mencari bahan baku jamu saat masa paceklik atau di luar masa panen,” uangkapnya.

Gudang jamu tersebut akan digunakan untuk menampung hasil panen tanaman obat dari para petani, seperti kunyit, kapulaga dan sebagainya dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Gudang dibuat bersekat-sekat untuk memisahkan antara bahan baku jamu yang satu dan yang lain. Untuk menjaga mutu atau kualitas bahan jamu, bangunan harus dilengkapi laboratorium yang memadai.

Gudang itu nanti juga sekaligus berfungsi sebagai show room. ”Di show room itu, para calon pembeli bisa melihat dan mengetahui persediaan bahan-bahan baku jamu yang ada di gudang. Dengan demikian, gudang jamu tersebut akan menjadi pemasok bahan baku jamu tidak hanya bagi produsen industri kecil, tetapi juga produsen besar atau pabrik-pabrik jamu,” katanya. Tentang lokasi yang cocok untuk gudang jamu, Ny Murtedjo mengaku sudah mempunyai gambaran. ”Lokasinya di wilayah Kecamatan Nguter yang menjadi sentra industri jamu. Namun, karena masalah dana kami belum bisa membeli tanah untuk bangunan tersebut,” jelasnya.

Pemkab dulu pernah menjajikan akan memberi bantuan. ”Tahun 2002 lalu kami pernah mengajukan bantuan kepada Pemkab. Bahkan saya dengar sudah sempat dibahas di DPRD. Namun, hingga sekarang kok belum ada realisasi, entah kapan hal itu bisa terlaksana. Padahal keberadaan gudang jamu bisa membantu meningkatkan potensi yang selama ini ada, khususnya bahan baku jamu,” tuturnya. (G10-49k, pada suaramerdeka)

Iklan

November 17, 2009 - Posted by | Berita Jamu Indonesia, Tentang Kojai Sukoharjo | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: