Koperasi Jamu (KOJAI) Sukoharjo

Just another WordPress.com weblog

Jamu Berbahaya Masih Beredar Luas di Masyarakat

Semarang – Selain ramuan pelangsing yang menewaskan Ana Suryaningsih dan Aji Purnomo di Sleman, Selasa (27/3) lalu, masih ada produk jamu yang berbahaya beredar di masyarakat. Hati-hati!

“Banyak produsen yang menggunakan obat-obat keras yang membahayakan konsumen. Sampai sekarang produknya masih beredar,” kata Kabid Industri dan Perdagangan GP Jamu Jateng, Stefanus Handayo Saputro, ketika ditemui di kantornya, Jalan Dr Cipto Semarang, Kamis (29/3/2007).

Stefanus menjelaskan, obat-obat keras yang digunakan sebagai campuran jamu sangat mudah didapatkan, sehingga wajar jika sampai sekarang produk berbahaya masih beredar luas di tengah masyarakat. “Di Pasar Pramuka Jakarta, misalnya. Banyak obat-obat keras dijual bebas. Obat-obat itu biasanya dibuat campuran jamu,” ungkapnya.

Lelaki asli Kartosuro, Sukoharjo itu mengaku tak bisa merinci jumlah produsen jamu tak berlabel di Jateng. Namun dari data GP Jamu, produsen jamu kelas kecil itu berkisar antara 200 – 300 pabrik dan tersebar di seluruh Jateng.

Sementara, anggota GP Jamu berjumlah 241, termasuk 14 pabrik besar seperti PT Nyonya Meener, PT Jamu Jago, PT Simona, PT Sido Muncul, dan lain-lain. Untuk pabrik kecil biasanya mereka mendaftar sebagai koperasi yang membawahi beberapa produsen. “Terhadap anggota, kami selalu melakukan pembinaan. Tapi kami tidak bisa apa-apa saat dihadapkan dengan produsen jamu tak berlabel dan tak terdaftar di Depkes,” paparnya.  (try/djo)  [ 29/05/2009, 14:21 WIB detik.com]

Iklan

November 17, 2009 - Posted by | Berita Jamu Indonesia | , , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: