Koperasi Jamu (KOJAI) Sukoharjo

Just another WordPress.com weblog

Minim, Perusahaan Jamu Bersertifikat CPOTB

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencatat, dari 1.300 perusahaan jamu dam obat tradisional di Indonesia, baru sekitar 30 perusahaan yang memperoleh sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).

Kepala Seksi Potensi Pasar dan Ekspor BPOM Pusat Jonhanis menginatkan, sertifikat CPOTB yang dikeluarkan BPOM ini sangat penting artinya bagi peningkatan mutu dan tingkat keamanan obat yang diproduksi.

”Dengan memiliki sertifikat CPOTB, kami berharap mutu, sanitasi dan higiene obat yang diproduksi benar-benar terjaga, dengan menerapkan standar-standar yang ditetapkan,” ujar Jonhanis di Jakarta, kemarin.

Dia berharap perusahaan jamu atau perusahaan yang memproduksi obat-obat tradisional meningkatkan promosi dan memperhatikan mutu produknya. Itu dilakukan agar bisa bersaing dengan obat-obatan tradisional asing.

Terkait mutu produk, Jonhanis mengingatkan para pembuat jamu dan obat tradisional agar memperhatikan kebersihan produknya. Jangan sampai produk obat yang diproduksi kotor, karena pekerja tidak pakai masker, atau tidak menggunakan sarung tangan.

”Kadang-kadang obat yang diproduksi memang bersih secara kasat mata, namun ternyata tidak terbebas dari mikroskopik,” kata dia.

Dia menyebutkan selama ini Badan POM tidak pernah mempersulit perusahaan yang mengajukan izin untuk mendapatkan sertifikat karena Badan POM menetapkan persyaratan minimal. Ada persepsi selama ini mengurus CPOTB mahal, sehingga perusahaan enggan mengurusnya. Padahal anggapan itu tidaklah benar.

Jonhanis juga mengimbau kepada perusahaan yang sudah mengantongi izin CPOTB agar benar-benar mematuhi prosedur dalam produksi sesuai standar yang ditetapkan Badan POM. “Jangan sampai saat audit saja prosedur diikuti, namun setelah inspeksi tidak diperhatikan lagi,” ujar dia. (izn)

Iklan

Juni 12, 2009 - Posted by | Artikel Kesehatan, Berita Jamu Indonesia, Info Pemerintah

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: